Perawatan burung kacer agar maksimal dilapangan

Cara merawat burung kacer relatif sebenarnya relatif termasuk mudah. Tidak perlu melakukan beberapa tahapan khusus, hanya perlu melakukan beberapa perawatan biasa secara telaten saja sudah lebih dari cukup. Selanjutnya treatment yang sudah dilakukan bisa ditunjang dengan beberapa perawatan tambahan, seperti pemberian pakan, mandi, krodong dan juga melatih mentalnya agar mudah bunyi ketika di gantang.
 Sebenarnya hanya kacer jantan sajalah yang bisa berkicau dengan merdu dan lantang. Jadi jika anda ingin membeli burung kacer, sebaiknya pilih yang kacer yang jenis kelaminnya jantan saja. Untuk membedakan burung kacer jantan dan betina perhatikanlah bentuk kepalanya. Bentuk kepala kacer jantan terlihat lebih rata. Bentuk kepalanya sekilas terlihat seperti persegi. Kacer jantan juga memiliki ukuran paruh yang lebih pendek di bandingkan dengan kacer betina. Umumnya baik jantan dan betina, kedua paruhnya sama-sama berwarna hitam. Pada bagian lidah kacer jantan terdapat 1-2 bercak berwarna hitam.
Kebanyakan kicau mania menjulukinya sebagai blackspot. Bulu pada sayap kacer jantan biasanya berwarna hitam pekat atau hitam legam agak kebiru-biruan sedangkan yang betina agak keabu-abuan. Postur tubuhnya juga terlihat lebih ramping dengan permukaan dada yang terlihat lebih lebar juga tampak lebih tegap. Saat kacer jantan tidak bergerak biasanya ekornya akan terlihat merapat ke tengah. Kacer jantan juga memiliki suara kicauan yang terdengar lebih nyaring dan lebih rajin berbunyi

Berikut adalah cara perawatan burung kacer : 

Untuk pemberian pakan kacer sendiri bisa berupa makanan alami (extra fooding) seperti jangkrik, ulat dan kroto. Akan tetapi pakan buatan (voor) harus tetap ada agar mempermudah perawatannya. Perhatikan porsi extra fooding, jangan berlebihan agar kacer anda tidak over birahi (OB). Pakan jangkrik cukup diberikan 2-3 ekor setiap pagi dan sore hari. Pakan berupa ulat hongkong secukupnya saja dan untuk kroto berikanlah 1 sendok teh sehari sekali.
Jagalah kebersihan sangkar kacer secara rutin untuk menjaga kesehatannya. Sangkar kacer yang terjaga kebersihannya akan membuat burung kacer anda terhindar dari segala penyakit yang berasal dari kutu, virus, jamur dan bakteri. Kacer yang sehat akan terlihat gesit, lincah, dan rajin berkicau. Sambil membersihkan sangkar anda bisa memandikan burung kacer di keramba atau di semprot dengan sprayer.
Sebelum kacer dimandikan, diangin-anginkan dahulu selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu kacer bisa langsung dimandikan dengan cara disemprot air melalui sprayer. Seting srayer seperti embun agar mengeluarkan butiran air yang lembut, lalu semprotkan ke arah tubuh kacer secara merata tapi usahakan agar jangan terkena langsung area kepala. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk memandikan burung kacer.
Lakukanlah pemasteran menambah variasi kicauannya. Pilih burung masteran yang benar-benar memiliki kicauan yang menyolok jika di keluarkan di lapangan tapi yang frekeuensi suaranya masih bisa di tangkap.Waktu terbaik untuk melakukan pemasteran sebaiknya siang dan malam hari ketika di krodong. Lakukan pemasteran secara rutin dan telaten.

Berikut adalah burung master yang cocok untuk kacer :

  • Burung Cililin. Burung cililin menempati urutan pertama burung yang wajib dimiliki sebagai burung Masteran, Cililin mempunyai suara tembakan yang sangat baik yang dibawakan secara kontinyu dan panjang.
  • Burung Lovebird. Sebaiknya pelihara burung Lovebird lebih dari 1 dan diletakan berjauhan agar saling bersautan, suara burung Lovebird diyakini bisa membuat kasar apabila dapat di tangkap dan dibawakan oleh burung kacer.
  • Burung jalak Suren. Suara burung jalak suren bisa menjadi pembeda apabila berhasil di tangkap oleh memori burung Kacer, suara kasar patah–patah apabila dibawakan oleh kacer bisa menjadi kredit tersendiri bagi burung anda.
  • Burung Greja. Suara burung greja memiliki speed yang sangat rapat apalagi bila dibawakan pada saat bertarung, Suara burung greeja tarung apabila mampu terekam dan dibawakan oleh burung kacer dengan suara yang keras diyakini bisa menjadi speed pada pembawaan lagu burung kacer terasa istimewa.
  • Semua Jenis Burung Madu. Burung Madu mempunyai suara Crecetan yang pedas dan kasar, suara seperti itu sangat digemari para Kacer Mania untuk dijadikan suara burung Masteran.

Sebenarnya kacer adalah jenis burung yang tidak menyukai keramaian. Akan tetapi kita juga harus melatih mentalnya agar nantinya tidak stress ketika di turunkan lomba. Gantunglah di tempat yang agak rendah dan ramai lalu lalang. Jangan terlalu ekstrem dalam melatihnya, lakukan secara bertahap.Sesekali latih dengan menggandeng dengan burung sejenis untuk melatih mental dan menguji setelannya. Jika terlihat OB maka kurangi EF dan tambahkan porsi mandi, jika kurang birahi tambahkan porsi EF.

Jangan buat kacer anda terlalu jinak. Burung yang terlalu jinak biasanya manja dan sering kali mbedesi (mbagong) ketika di gantang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa penitipan burung surabaya

Perawatan burung murai batu