Perawatan burung murai batu

Burung murai adalah burung yang sangat populer di kalangan penggemar burung berkicau. Burung ini mempunyai ciri khas dengan kicauannya yang merdu dan lantang  penuh bervariasi serta meliliki gaya tarung yang eksotis dengan memainkan ekornya yang panjang.
Harga burung murai termasuk mahal, apalagi jika murai tersebut adalah jenis murai medan yang sudah jadi dan berekor panjang. Akan tetapi perawatan burung murai tidaklah mudah. Sering kali pemilik mengeluh burung murainya mendadak sakit.

Berikut ini kami ulas cara perawatan burung murai batu agar cepat gacor dan terjaga kesehatannya : 

Embunkan murai batu
Ada baiknya sesekali murai batu anda di embunkan pada pagi hari. Lakukan pengembunan ini sebelum dimandikan, anda bisa diangin-anginkan di luar rumah selama kurang lebih 1 jam sambil di berikan extra fooding jangkrik. Tujuan pengembunan ini agar burung dapat beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan sekitar dan biasanya murai batu menjadi lebih cepat ngeplong.

Memandikan dan menjaga kebersihan sangkar murai batu
 Setelah di embunkan dan sudah terkena panas matahari pagi, Anda dapat memandikan burung dengan cara disemprot, menggunakan cepuk air ukuran agak besar atau menggunakan karamba. Fungsi mandi selain untuk menjaga kebersihan juga untuk membuat murai lebih cepat jinak.
Jika murai anda sudah mau mandi di keramba, pada waktu mandi sangkar bisa di bersihkan sekalian. Bersihkan sangkar secara rutin untuk menjaga kesehatannya.

Pemberian pakan murai batu
Setelah mandi berikan lagi extra fooding jangkrik, kroto dan sedikit ulat kesukaan burung murai batu anda. Cek wadah voor, jika kosong tambahkan, jika kotor ganti dengan voor yang baru.
Dalam pemberian extra fooding, porsi tiap burung tidak sama. Anda harus mengerti karakter burung anda. Akan tetapi pada umumnya jangkrik  antara 3-5 ekor pagi dan sore. Sedangkan kroto beri sesendok teh saja.
Setiap burung murai punya karakter (kesenangan/kebiasaan) yang berbeda. Setiap burung murai batu memiliki selera makan dan porsi makan yang berbeda. Karena itu amatilah karakter burung murai batu yang Anda rawat dan berikan takaran porsi makanan yang sesuai dengan karakter murai batu tersebut.
Ingat, kesalahan dalam perawatan bisa menyebabkan kondisi murai batu menjadi ngedrop, malas bunyi ataupun rontok bulu.
Ada baiknya diberikan vitamin seminggu sekali untuk menjaga vitalitas murai anda

Menjemur burung murai batu
Setelah pemberian pakan maka proses selanjutnya adalah dengan menjemurnya sekitar satu jam saja. Setelah selesai penjemuran murai batu bisa anda diangin-anginkan selama beberapa menit di teras untuk selanjutnya di krodong.

Master burung murai batu
Waktu terbaik untuk memasterkan burung murai batu adalah ketika burung di krodong yaitu sekitar jam 10 pagi sampai jam 3 sore dan malam hari. Hal ini di karenakan di waktu istirahat tersebut, burung murai anda akan lebih mudah untuk menangkap suara master. Anda bisa melakukan pemasteran ini sepanjang hari, tapi akan lebih baik jika jangan terlalu banyak master. Adapun burung yang bisa di jadikan master untuk murai batu antara lain suara burung cililin, cucak jenggot, lovebird, kapas tembak dan cucak cungko.
Perhatikan tipe suara murai anda sebelum memilih masteran yang cocok. Jangan paksakan untuk menirukan yang sulit supaya hasilnya bisa lebih cepat tercapai. Jika anda memaster murai batu menggunakan audio, pilih yang suara rekamannya bersih dan jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa penitipan burung surabaya

Perawatan burung kacer agar maksimal dilapangan